ABK Cerdas Istimewa


Anak yang memiliki potensi kecerdasan istimewa (gifted) dan anak yang memiliki bakat istimewa (talented) adalah anak yang memiliki potensi kecerdasan (intelegensi), kreativitas, dan tanggung jawab terhadap tugas (task commitment) di atas anak-anak seusianya (anak normal), sehingga untuk mengoptimalkan potensinya, diperlukan pelayanan pendidikan khusus. Anak cerdas dan berbakat istimewa disebut sebagai ”gifted & talented children”.

1. Anak cerdas istimewa memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.1)   Membaca pada usia lebih muda, lebih cepat, dan memiliki  perbendaharaan kata yang luas
1.2)   Memiliki rasa ingin tahu yang kuat, minat yang cukup tinggi
1.3)   Mempunyai inisiatif, kreatif dan original dalam menunjukkan gagasan
1.4)   Mampu memberikan jawaban-jawaban atau alasan yang logis, sistimatis dan kritis
1.5)   Terbuka terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan
1.6)   Dapat berkonsentrasi untuk jangka waktu yang panjang,    terutama terhadap tugas atau bidang yang diminati,
1.7)   Senang mencoba hal-hal baru,
1.8)   Mempunyai daya abstraksi,  konseptualisasi, dan sintesis  yang tinggi, Mempunyai daya imajinasi dan ingatan yang kuat,
1.9)   Senang terhadap kegiaan intelektual dan pemecahan-pemecahan masalah,
1.10)    Cepat menangkap hubungan sebab akibat,
1.11)    Tidak cepat puas atas prestasi yang dicapainya
1.12)    Lebih senang bergaul dengan anak yang lebih tua usianya.
1.13)    Dapat menguasai dengan cepat materi pelajaran
     
      Anak talented adalah anak yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam bidang tertentu, misalnya hanya dalam bidang matematik, ilmu pengetahuan alam, bahasa, kepemimpinan, kemampuan psikomotor, penampilan seni.

2  Kebutuhan pembelajaran anak cerdas istimewa dan bakat istimewa
a. Program pengayaan horisontal, yaitu:
1)      mengembangkan kemampuan eksplorasi.
2)      mengembangkan pengayaan dalam arti memperdalam dan memperluas hal-hal yang ada di luar kurikulum biasa
3)      excekutif intensive dalam arti memberikan kesempatan untuk mengikuti program intensif bidang tertentu yang diminati secara tuntas dan mendalam dalam waktu tertentu

b. Program pengayaan vertikal, yaitu:
1)      Acceleration, percepatan/maju berkelanjutan dalam mengikuti program yang sesuai dengan kemampuannya, dan jangan dibatasi oleh jumlah waktu, atau tingkatan kelas.
2)      Independent study, memberikan seluas-luasnya kepada anak untuk belajar dan menjelajahi sendiri bidang yang diminati.
3)      Mentorship, memadukan antara yang diminati anak gifted dan tallented dengan para ahli yang ada di masyarakat.